Just another WordPress.com weblog

Elang Filipina

Elang Filipina atau Pithecophaga jefferyi,
adalah elang yang terbesar, terlangka, dan terkuat di dunia.Burung buas ini termasuk dalam keluarga Accipitridae,
mereka juga diketahui sebagai “haribon” atau “haring ibon” yang artinya Burung Raja, sedangkan nama lokalnya adalah “banog”.

Ciri-ciri

Elang filipina berbulu coklat ,dan yang paling khas adalah dia memiliki sebuah jambul dikepalanya yang terlihat seperti rambut belah tengah.Selain itu elang ini memiliki wajah yang gelap. Sedangkan untuk tubuhnya, bagian belakang berwarna coklat sedangkan bagian bawah berwarna putih. Matanya berwarna biru keabu-abuan.

Elang betina bisa tumbuh sampai 112 cm tingginya, dan bobotnya sekitar 7 kg, sedangkan elang jantan memiliki tubuh yang relatif kecil biasanya lebih kecil mulai dari 10% s/d 20%. Rata-rata tinggi elang jantan 91 cm dan beratnya 5 kg. Elang filipina memiliki rata-rata bentangan sayap sepanjang 2 meter.

Habitat

Elang filipina adalah hewan endemik, mereka hanya bisa ditemukan di Filipina terutama di 4 pulau utama negara itu, yaitu Luzon, Samar, Leyte dan Mindanao. Yang paling banyak terdapat di P.Mindanao disana terdapat 82-233 pasang elang. Habitat elang ini di diptocarp dan hutan di pertengahn gunung, khususnya di yempat curam. Mereka hidup di ketinggian 1800 m.

Makanan

Elang filipina tentunya binatang karnivora, makanan utama mereka adalah daging. Akan tetapi mereka memiliki keunikan tersendiri, mereka biasa memakan monyet sebagai makanan utamanya. Sehingga mereka disebut sebagai elang pemakan monyet. Makanannya yang lain berupa mamalia kecil, burung ,reptil, dan bahkan burung buas lain.

Reproduksi

Siklus perkembangbiakan secara lengkap berlangsung selama 2 tahun. Yang betina berusia matang untuk reproduksi pada usia 5 tahun sedangkan yang jantan pada usia 7 tahun. Elang filipina termasuk binatang monogami, mereka tidak akan berganti pasangan sebelum salahsatu pasangan mati. Telurnya dierami selama 58 sampai 68 hari. Setelah menetas elang muda akan mulai berburu setelah berusia 304 hari dari penetasan.

Klasifikasi

Kingdom : Animalia

Filum        : Chordata

Kelas         : Aves

Ordo          : Falconiformes ( Accipitriformes )

Keluarga : Accipitridae

Genus        :  Pithecophaga

Species      : Pithecophaga jefferyi

Status         : Terancam punah

semoga info di atas bermanfaat🙂

sumber : wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: